Tips Bisnis Online
Kebanyakan orang keliru ketika ia sudah membuka toko online.
Jangan pikir setelah toko online diluncurkan akan menyebar seperti virus.
Memiliki toko online bukan sekedar bebas dari buka tutup toko, bebas sewa ruko
atau toko. Seperti halnya toko offline, hal utama yang penting dilakukan adalah
bagaimana agar calon pembeli bisa mampir dan membeli. Di toko offline, banyak
calon pembeli berlalu lalang di depan toko kita atau yang mengunjungi mall
lokasi toko kita. Di toko online, anda bisa memasang papan nama yang menarik
agar calon konsumen tertarik dan mampir melihat produk anda.
Pemilihan lokasi yang strategis pada toko online jauh lebih
sulit dibanding toko offline. Perlu adanya strategi khusus agar calon pembeli
mau “mampir”. Banyak cara untuk menarik pengunjung ke toko online anda, yang
utama adalah “Bantu mereka menemukan toko kita”. Cara membantu pengunjung
menemukan toko online kita diantaranya dengan SEO, PPC, Social Media, forum,
market place, dll. Daftarkan produk atau toko online di berbagai market place
ata forum jual beli populer. Teknik optimasi SEO juga dapat digunakan untuk
mendapat peringkat tinggi sesuai kata kunci yang relevan dengan produk kita.
Berdasarkan statistik, 63% website yang berada di halaman
pertama Google akan dikunjungi oleh pencari informasi. 8 dari 10 orang pengguna
internet mencari informasi melalui mesin pencari, dan 80,3% melalui Google.
Menurut riset SlingSEO 18% peluang klik ada di peringkat 1, 10% peringkat 2, 7%
peringkat 3, dan ke bawah makin kecil.
Jika tersedia dana promosi yang cukup, kita bisa memasang
iklan PPC di google atau lewat Facebook Ads yang lebih murah. Tapi tampil di
hasil pencarian (SEO), peluang untuk di-klik mencapai 70% dibanding lewat PPC.
Cara selanjutnya yaitu menggunakan twitter dan facebook untuk promosi toko
online kita. Pengguna facebook di Indonesia yang mencapai 42 juta merupakan
traffic yang besar, belum lagi pengguna twitter yang mencapai 20 juta tahun
ini.
Strategi bisnis online dan digital marketing sangatlah
dinamis, hari ini efektif belum tentu berlaku untuk besok. Selalu lakukan
koreksi dan ganti strategi jika gagal. Dan jangan lupa selalu update informasi
agar bisnis online kita selalu di depan.
Setelah pengunjung datang, permudah mereka untuk membeli,
pasang info kita, seperti email, YM, telpon, pin BB, dsb. Pola sukses toko
online yaitu Traffic, Conversi, Follow up dan jadilah Money. Teruslah bekerja
keras dan memperbanyak upaya pemasaran.
Comments
Post a Comment